Cara memijat Bayi

sumberphoto:hamilplus.com

Memijat bayi, merupakan satu perhatian  dari orangtua kepada bayinya yang memberikan manfaat bagi keduanya. Selain bayinya tidak mudah sakit, dan tidak rewel, orang tua nya pun tidak perlu khawatir akan kesehatan bayinya,

Bagi si bayi, pijatan tersebut akan memberikan kenyamanan dan rasa aman, ditambah dengan meningkatnya sistem imunitas di tubuh. Bagi orangtua sendiri, memijat bayi adalah kesempatan di mana Anda bisa menunjukkan rasa kasih sayang Anda padanya. Namun memijat bayi juga tidak bisa sembarangan saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pijat pada bayi, seperti:

Bayi sudah berusia 3 bulan.

Pastikan tangan Anda sudah bersih, cuci tangan dulu.

Gunakan baby oil untuk pijat, tentunya dengan beberapa produk baby oil yang lembut dan harum          yang dijual dipasaran.

Hindari kuku panjang atau barang-barang yang bisa melukai kulit bayi.

Bayi tidak dalam keadaan lapar.

Tempat pijat bersih, sejuk, dan nyaman.

Ajak bayi bicara sebelum memijatnya.

Anda bisa melakukan baby spa ini sendiri, dengan memperhatikan cara-caranya berikut ini:

Pijat kaki

Pegang pangkal paha, pijat memilin menuju pergelangan kaki, lalu sebaliknya. Tarik jari-jari bayi dengan memilin lembut, dan tekan ibu jari ke telapak dan punggung kaki bergantian. Lakukan gerakan menggulung sampai ke paha.

Pijat perut

Pijat dari atas ke bawah dengan gerakan mengeruk. Angkat kaki bayi, tekan lututnya pelan-pelan ke perut, dan buat gerakan melingkar pada perut searah jarum jam. Dorong gelembung angin pada perut dengan jari searah jam.

Pijat tangan

Lakukan gerak memilin dari bahu sampai pergelangan, dan sebaliknya. Tarik jari-jari lembut, tekan ibu jari ke telapak dan punggung tangan, lalu gerakan menggulung mengarah ke bahu.

Pijat punggung

Letakkan bayi tengkurap, gunakan tangan maju mundur di punggung, meluncur dari bawah leher sampai pantat. Gerak melingkar di otot samping tulang punggung, dan usapkan tangan dari leher sampai bawah.

Ingatlah, ketika Anda melakukan pijat bayi tersebut, lakukan selembut mungkin agar tak menyakiti bayi. Hindari bagian atas rusuk dan ulu hati agar tak terjadi komplikasi, dan terus ajak si kecil mengobrol. Agar si bayi selalu merasa nyaman dan aman dengan perhatian kita,

Jagalah buah hati kita dengan rasa sayang dan perhatian yang khusus, karena buah hati kita adalah harta yang tidak bisa tergantikan dari apa pun, berikan lah bayi kita rasa aman dan nyaman, dan hindari hal hal yang membuat kesehatan nya terganggu, demiikian cara pijat untuk sikecil, semoga bermanfaat,